2 jenis IELTS yang harus kamu tau!

Diantara pelajar bahasa Inggris pasti ada yang bertanya-tanya, IELTS itu apa sih? kok begitu banyak dibahas oleh para Scholarship Hunters ya, dan kenapa semakin banyak lembaga pendidikan yang meminta para calon scholars ikut melampirkan hasil tes IELTS sebagai salah satu syarat utama yang mesti dipenuhi ya. IELTS adalah singkatan dari the International English Language Testing System. ini merupakan sebuah tes bahasa inggris dan diakui oleh lebih dari 10.000 institusi pendidikan dan pekerjaan di dunia. Secara kepemilikan tes ini adalah milik bersama antara British Council, IDP atau dikenal IELTS Australia dan Cambridge Assessment English.

Masih bingung IELTS itu gimana ?

Berikut ini mimin ingin mengulasnya step by step. Tapi, kamu harus memahami jenis-jenis IELTS terlebih dahulu sebelum berniat mengikuti tesnya biar kamu tidak salah mengambil tes nya. Bahaya banget bila kamu submit berkas hasil tes tersebut tapi tidak sesuai permintaan akhirnya ditolak oleh lembaga pendidikan yang kamu tuju.

1. Ada IELTS Academic,

digunakan sebagai syarat untuk melanjutkan kuliah S1, S2, S3 dan beberapa kegiatan akademik lainnya, tes ini sebagai bukti kalau kamu sudah siap menjalani masa training atau belajar.

2. IELTS General,

digunakan sebagai syarat untuk bekerja dimana yang diukur adalah konteks bahasa harian. Perlu diingat bahwa tes ini tidak bisa menggantikan fungsinya IELTS Academic purpose ya.

Hal lainnya yang perlu diketahui adalah Tes IELTS bisa dilakukan secara Paper-based Test atau Computer-delivered test. Nanti kamu milih saja sesuai dengan keinginanmu. Tapi saran mimin sih ambil yang paper aja supaya kamu tidak gugup dengan penggunaan komputer.

Kalian tahu, sudah 30 tahun tes tersebut digunakan menge-tes bahasa inggris orang-orang lhoe dan pihak pemerintahan Australia, New Zealand,dan UK menggunakannya untuk memproses berkas keimigrasian.

Hebatnya Test itu cukup beralasan karena yang diukur adalah 4 skill dasar meliputi skill input dan output yaitu Listening, Reading, Writing dan Speaking. Nanti pada sesi khusus, mimin akan mengajak kalian untuk mengetahui lebih lanjut terkait ke-4 skill diatas secara detail ya.

Sekarang Gimana sih caranya mendaftar tes IELTS, masih bingung ya ? jangan khawatir, mudah kok, langkahnya seperti ini:

Pertama kamu pilih salah satu penyelenggaranya apakah mau IALF, British Council, IDP sebagai tempat kamu ikut tes, terserah kamu karena sama saja kok.

Kedua kamu lihat jadwal tes yang tersedia sekaligus lokasi tes yang terdekat dengan jangkauanmu. pastikan seatnya masih tersedia, biasanya kalau sedang banyak yang memburu beasiswa pada moment tertentu, seat-nya sering kepenuhan.

Ketiga, unduh dan baca persyaratan yang diminta oleh penyelenggara dan lihat satu seat buat hari H, perhatikan baik-baik jadwal tes mu ya.

Eits sebelum lanjut, mimin mau kasih tau, ngecek-nya online aja biar mudah, jangan mau repot-repot mesti ke kantor mereka segala. Untuk website resmi mereka, ketik aja di internet, nanti keluar kok.

Keempat, bayarlah biaya tes setelah mendaftarkan diri secara online selesai melalui ATM, nanti kamu akan dikasih pilihan mau lunasi pakai ATM jenis apa.

Mungkin kamu masih bertanya kapan buat mendaftar ya? mimin saranin kamu lakukan sebulan sebelum test ya, biar kamu lebih siap.

Baca Juga: Kesalahan umum para IELTS taker