IELTS speaking: menjawab part 2 dan part 3

Bagikan :

Selesai dari tanya-jawab part 1 akan dilanjutkan ke part 2, bagian ini tergolong menantang karena harus menunjukkan kemampuan berbicara berduarasi lama atau disebut long turn selama 2 menit. Teman-teman akan diberikan waktu satu menit buat menjawab soal-soal yang terkait pada satu topik.

Langkah yang mesti dilakukan buat persiapan lebih matang adalah memastikan jawaban yang simpel dalam kurun waktu 1 menit yang diizinkan buat taking notes. Saran mimin sih untuk melakukan ini, sederhana saja, tidak harus menulis satu kalimat jawaban untuk satu soal, cukup 1-4 kata untuk mewakili jawaban tiap soal. Artinya ada 4-12 kata saja untuk 4 soal yang diberikan. Misal untuk contoh soal dibawah ini:

Talk about an important year in your life. You should say:

  • How old you were.
  • What important things you remember from that year.
  • Where these things happened and
  • say why you think that year was important.

Selama taking note, singkatnya teman-teman bisa menjawab :

  • 2016.
  • 19,
  • winning a prize & accepted to work ,
  • at college,
  • graduation.

Dengan menyingkat jawaban begitu, teman-teman akan memudahkan diri sendiri untuk berfikir dan menghemat waktu. Pastikan semua jawaban tersusun secara sistematis dari pertanyaan pertama sampai ke yang terkahir. Hal ini dilakukan agar kamu tidak melakukan repetition. Kalau mau buat batas,bisa pakai garis yang memisahkan satu jawaban dengan jawaban lain atau buat kolom persegi sebanyak empat.

Setelah satu menit selesai, examiners akan memintamu menceritakan isi topik bahasan selama 2 menit. Namun perlu diperhatikan bagaimana cara memulainya biar mereka tidak bingung dengan pembahasanmu. Langkah itu bisa seperti memberitahu topik yang akan dibahas dengan frase berikut:

For introduction:

  • I am going to talk about…
  • I`d like to talk about…
  • I want to talk about…
  • What I`m going to talk about is…
  • I`m going to describe…

Developing Phrases:

  • First of all…
  • Secondly…
  • Another thing…
  • Another reason why…
  • What`s more…

Background phrase

  • It`s near…
  • It happened…
  • It took place…
  • It`s been going on for/since
  • At the same time

Impression phrase

  • …impressed me
  • …motivated me
  • …moved me
  • …disturbed me
  • …touched me deeply
  • …had an effect on me
  • …affected me
  • …influenced me

Things you like phrase

  • I like… most of all
  • I enjoy…
  • I love doing…
  • I`m a big/great fan of…
  • I`m reallykeen on…
  • I`m so much into…
  • … really appeals to me because…

Cobalah mencari synonim dan pelajari itu agar kamu bisa berhasil melakukan paraphrasing soal dengan baik, contohnya benefits, bisa diganti dengan payback, profit, advantages, dan positive aspects.

Sekarang kita lanjut ke part-3. Bagian ini adalah kelanjutan dari topic part 2 dimana examiner akan bertanya kepada IELTS taker mengenai opini atau pendapatnya terkait topik tersebut. Sifatnya lebih ke diskusi, jadi baik examiner dan IELTS taker akan bergantian berbicara. Kecenderungan dari diskusi ini, examiner akan memperhatiakan baimana kamu memberi alasan terhadap questionas yang ditanyakan.

Mimin kasih soal baru baik part 2 dan part 3 nih, biar banyak bahasannya. Untuk part 2, pertanyaan akan seperti ini:

Describe an interesting historic place, you should say

  • what it is
  • where it is located
  • what you can see there know, and
  • expalain why this place is interesting

Setelah soal diatas, nanti pada part 3 akan muncul pertanyaan lanjutan yang meminta-mu memberikan opini personal terkait hal tersebut, di part 2 teman-teman sudah menjawab pertama dengan jawaban di museum, kedua central city, ketiga artefact dan keempat unique.

Sekarang perhatikan soal-soal berikut:

  • How do people in your country feel about protecting historic building?
  • Do you think an area can benefit from having an interesting historic place locally? in what way?
  • What do you think will happen tohistoric places or buildings in the future? why?
  • How were you taught history when you were at school?
  • Are there other wayspeople can learn about history, apart from at school? how?
  • Do you think history will still be a school subject in the future? why?

Semua soal di part 3 diatas lebih luas dalam pembahasannya bukan? Jadi teman-teman perlu menyusun jawabannya sampai benar-benar clear dan tidak menimbulkan arti yang lain. Kemampuan menjelaskan dan memberi alasan adalah hal utama yang perlu disiapkan biar komunikasinya lancar. Kira-kira berikut ini adalah jawaban yang sesuai:

How do people in your country feel about protecting historic building?

Well, Generally speaking, by knowing number of local history is becoming popular, people from my country see the protection of historic building is really important, I suggest two motives as reasons why. The first thing I should mention is that it may be able to preserve cultural value locally , so they might be safe from disappear. The second one is it can bring educational value to visitors especially for kids for example depicting information about how people from the past live etc.

 


https://pria.org/https://berita.baritoutarakab.go.id/https://himaindustri.unpam.ac.id/https://library.iainkediri.ac.id/https://newepaper.jawapos.co.id/thumbnail/dist/https://prakerja.nusatalent.com/file/https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/config/https://www.rsudsyamsudin.co.id/gacor/https://eproc.jawapos.co.id/adminlte/plugins/site/https://rskiasawojajar.co.id/https://oia.umb.ac.id/https://empowerment.co.id/https://bantenheadline.com/wp-includes/files/https://www.kendariaktual.com/wp-includes/site/https://kec.kismantoro.wonogirikab.go.id/