Kamus Bahasa Inggris

Berikut Cara Memilih Kamus Bahasa Inggris dengan Benar

Berikut Cara Memilih Kamus Bahasa Inggris dengan Benar

Sebagai bahasa kedua yang umumnya dipelajari oleh setiap warga di seluruh dunia, bahasa inggris dapat memudahkan kita untuk berkomunikasi secara langsung maupun tidak langsung. Tapi tidak perlu khawatir, jika baru belajar bahasa Inggris, kamu dapat mencoba  Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula.

Salah satu kunci penting lainnya untuk menguasai bahasa Inggris adalah dengan memperkaya kosakata. Dalam memahami berbagai kosakata biasanya dimulai dengan memahami dan menghafal isi dalam kamus bahasa inggris. Hal ini juga berlaku dalam proses belajar mengajar selain bahasa Inggris dan Indonesia.

Belajar bahasa melalui kamus akan membuat pengetahuan tentang vocab jadi semakin banyak, terlebih lagi jika kamu termasuk orang yang cepat belajar dengan melihat tulisan.

Tidak hanya pemula, bahkan orang yang sudah mahir pun masih membutuhkan kamus. Karena saat mencari suatu kata tetapi kamu tidak tahu artinya, solusi lainnya selain Google translate adalah kamus. Tapi, kamu juga harus mempelajari cara translate yang baik dan benar.

Saat ini sudah tersedia banyak kamus bahasa Inggris Indonesia online maupun offline. Tapi, untuk mendapat hasil yang optimal, kamu bisa menyimak cara memilih kamus bahasa Inggris dengan benar di bawah ini.

Memilih Kamus Bahasa Inggris Indonesia Offline dalam Bentuk Buku

Biasanya, pertimbangan untuk memilih kamus bahasa Inggris dalam bentuk buku akan lebih sulit dibanding dengan kamus bahasa Inggris online. Agar kamu tidak salah pilih kamus sebaiknya kamu bisa memperhatikan beberapa hal di bawah ini terlebih dahulu:

  1. Various of English Dictionary

Kamu perlu mengetahui beberapa jenis kamus bahasa Inggris terlebih dahulu. Beberapa jenis kamus tersebut bisa dibagi menjadi beberapa kategori, diantaranya:

a. Ukuran

Setiap buku mempunyai ukuran yang berbeda, begitupun juga dengan kamus. Karena kamus dipengaruhi oleh ukuran, kelengkapan, harga, dan isinya juga akan berbeda. Secara ukuran, ada dua kamus yang dapat menjadi pilihan, yaitu:

Kamus saku atau kamus kecil

Kamu bisa belajar menggunakan kamus saku di manapun dan kapan pun kamu berada. Tetapi, karena mayoritas kamus ini berukuran kecil, jadi hanya dapat memuat vocab dengan definisi yang ringkas, to the point, dan lebih banyak berisi tentang percakapan sehari-hari. Kamus ini cocok untuk kamu yang suka traveller.

Namun, meskipun bersifat lebih praktis, kamus seperti ini tidak cocok untuk kamu yang kurang menyukai bacaan berukuran kecil atau memiliki masalah pada penglihatan. Oh ya, jika kamu seorang pemula, sepertinya memilih kamus ini bukan ide yang bagus. Karena isinya yang singkat, maka lebih direkomendasikan untuk level intermediate ke atas, dengan beranggapan para penggunanya sudah mempunyai penguasaan vocab yang lumayan cukup banyak.

Baca Juga : Apa itu Verb? Bentuk dan 2 Fungsinya – Gampang Banget

Buku kamus

Kamus adalah barang yang penting ketika kamu sedang mempelajari bahasa Inggris, karena kamus lebih akurat jika dibanding Google translate. Kamus buku memiliki ukuran yang cukup tebal, karena dalam kamus memuat informasi yang lengkap. Selain memberikan penjelasan definisi, biasanya dalam kamus juga terdapat sinonim, antonim, cara pelafalan atau pengucapan, bahkan contoh kalimat juga ada.

Jika sering ragu dengan grammar dan pelafalan, kamu juga bisa mengecek apakah sudah benar atau belum. Hanya saja, tentu ukuran dari kamus buku tidak praktis, karena memakan banyak ruang di tas dan memiliki beban yang cukup besar.

b. Monolingual atau Bilingual?

Saat kamu memilih kamus Inggris Indonesia, kamu harus paham dulu kebutuhan diri sendiri. Apakah kamu ingin kamus dengan satu bahasa atau kamus dengan dua bahasa? Karena kamus yang satu bahasa hanya tersedia dalam bahasa Inggris saja, sementara untuk kamus dua bahasa diterjemahkan ke bahasa Iain contohnya bahasa Indonesia.

Jika kamu masih menyandang status pelajar, kamus bilingual merupakan pilihan yang tepat, terlebih lagi untuk mengerjakan tugas. Tetapi, ada juga yang menggunakan kamus monolingual jika level bahasa Inggris nya sudah tergolong advance.

c. Learner or Native Speaker?

Tingkat kesulitan untuk memahami kamus pelajar akan sangat berbeda dengan kamus dari native speaker ini. Kamus yang disusun oleh pembelajar mempunyai penjelasan yang lebih sederhana dari kamus lainnya. Jadi kedua jenis kamus tersebut akan menjelaskan suatu kosakata dengan arti yang berbeda pula.

Jika ingin memilih kamus untuk pelajar, maka akan memudahkan kamu untuk mencari kosakata baru yang tidak dipahami. Sebaliknya juga, kamus dari penutur asli bisa jadi membuat pelajar mengalami kesulitan dalam memahami definisi dari suatu vocab

d. Informasi Tata Bahasa dan Fonetik

Kamu harus pintar dalam melakukan mini riset, apakah kamus Inggris yang ingin dibeli bisa memuat tambahan informasi lain yang kamu inginkan, atau hanya sekadar definisi kata saja? Jika kamu seorang pelajar, maka alangkah lebih baiknya untuk memilih kamus yang dilengkapi panduan fonetik dan informasi tata bahasa, bukan hanya arti dari suatu kosakata saja.

  1. Perhatikan kelengkapan isi kamus

Poin ini sudah kita singgung sedikit di pembahasan atas. Lebih detailnya, jika ingin belajar bahasa Inggris dari awal, pilihlah English dictionary yang menjabarkan arti sebuah kata atau frasa, cara pelafalan, cara penggunaan, atau bahkan ada juga tambahan beberapa idiom yang sering muncul di kehidupan sehari-hari. Makin tebal buku tersebut, biasanya pembahasan nya akan makin lengkap juga, tapi kamu juga perlu menyiapkan budget yang nggak sedikit juga tentunya.

  1. Sesuaikan dengan usia pengguna kamus

Saat mendengar kata kamus, jangan berfikir jika para ahli menyusun kamus hanya untuk orang dewasa. Karena bahasa inggris dapat dipelajari oleh semua usia. Jadi, jenis kamus bahasa Inggris yang digunakan juga harus sesuai dengan usianya tersebut.

Contohnya untuk balita dengan masa golden age, tentu kamus yang lebih menarik adalah kamus yang memiliki visual menyenangkan dengan gambar berwarna warni, dan tidak perlu kamus yang lengkap.

Sementara, untuk usia remaja sampai dewasa bisa dibekali jenis kamus buku. Untuk usia dewasa dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan. Ada yang lebih memilih kamus saku untuk menemani traveling kemana saja, atau justru kamus lengkap guna mendampingi studi di luar negeri.

  1. Cek reputasi kamus

Hati-hati, jangan sampai kamu termakan oleh judul kamus. Kamu pasti sering sekali melihat kamus dengan judul yang menakjubkan bahkan menggiurkan, seperti “10 miliar kosakata”, “kamus bahasa Inggris dengan kosakata yang paling lengkap”, tetapi isinya belum tentu sesuai dengan judul yang dituliskan dalam cover kamus itu.

Untuk mengatasi hal yang seperti itu, kira-kira apa yang harus kamu lakukan? Ya, research! Kamu bisa cek melalui Google tentang latar belakang kamus tersebut, mulai dari penulis, penerbit, total revisi, asal usul penyusunan, sampai reputasinya.

Selain itu, pastikan kamu selalu membeli kamus yang benar-benar original, jadi bukan sekadar photocopy saja. Agar lebih aman, kamu bisa membelinya di toko-toko buku besar yang ada di sekitar rumah mu. Ada beberapa kamus yang telah teruji kualitasnya yaitu kamus Oxford (oxford dictionary), Collins, dan John Echols.

Cara Memilih Kamus Bahasa Inggris Online (Website/Aplikasi)

Di era digital seperti saat ini, ada banyak orang yang lebih memilih smartphone dibandingkan dengan buku. Oleh karena itu, kamu bisa mendapatkan kamus secara online melalui aplikasi atau website yang telah tersedia. Dalam kamus bahasa Inggris online, kamu bisa mempertimbangkan beberapa hal, yaitu sebagai berikut:

  1. Perhatikan rating dan review

Kamu dapat mendownload beberapa rekomendasi aplikasi kamus bahasa inggris di smartphone mu. Sebelum download, pastikan untuk membaca rating dan ulasan dari pengguna yang lain terlebih dahulu agar tidak salah dalam mendownload nya dan bisa sesuai dengan kebutuhan yang kamu inginkan.

  1. Offered by?

Hal ini terlihat sepele tetapi sangat penting untuk kamu cek. Soalnya, aplikasi yang ditawarkan oleh suatu perusahaan berkredibilitas tinggi akan mempengaruhi “isi” dari aplikasi tersebut. Selain Google translate, British Council English Score menjadi kamus online yang menyediakan fitur dengan rating tinggi.

Aplikasi British Council tersedia untuk IOS maupun Android yang bisa kamu unduh secara gratis. Meskipun bukan aplikasi kamus yang paling banyak digunakan, tetapi untuk kamu yang ingin belajar bahasa inggris British, aplikasi ini cukup menarik karena banyak fitur yang bisa kamu akses dalam aplikasi tersebut.

Itulah tips memilih kamus bahasa Inggris online dan berupa buku yang bisa kamu perhatikan sebelum kamu menggunakannya. Jika kamu adalah seorang yang rajin membaca dan memahami kamus Inggris Indonesia, kamu akan menemukan banyak kosakata baru yang dapat kamu kuasai. Oleh karena itulah mengapa kamus merupakan sumber pembelajaran yang sangat bermanfaat dalam belajar bahasa inggris.